Address
Kantor Pusat : Imperial Business Center, Gedung B, Semanan, Jakarta Barat 11840
Phone
082240041056
Email
rosita@cvkaryarahardja.com

Mengenal Jenis Brosur dan Contoh Brosur Berbagai Tema

Diterbitkan Selasa, 27 Februari 2024

Brosur adalah sebuah media promosi atau informasi yang berbentuk lembaran kertas dibagikan atau ditempel di tempat yang dilalui oleh banyak orang. Kamu mungkin sedang ingin membuat brosur dan membutuhkan berbagai contoh brosur untuk dijadikan inspirasi.

Nah, dalam artikel ini, kamu akan menemukan berbagai contoh brosur untuk kamu jadikan sebagai inspirasi. Untuk melihat keseluruhan dari contoh brosur, mari simak artikel ini sampai habis!

Jenis Brosur

Brosur biasanya berisi informasi tentang produk, jasa, atau acara yang ingin dipromosikan. Brosur dapat berisi gambar, teks, dan grafis yang menarik untuk menarik perhatian pembaca.

Brosur sendiri terdiri dalam berbagai jenis yang berbeda yang dibedakan berdasarkan lipatannya. Dilansir dari Modul Panduan Pembuatan Media Kit Brosur, berikut ini adalah berbagai jenis brosur.

1. Leaflet
Leaflet adalah bentuk tradisional promosi dan periklanan. Sebagai media promosi, leaflet dibuat sedemikian rupa agar kualitasnya setara dengan bentuk media pemasaran lainnya. Umumnya leaflet memiliki ukuran yang kecil. Namun, dapat pula dikembangkan ke dalam ukuran kertas A4 hingga A1.

2. Booklet
Pada umumnya, booklet memiliki satu lipatan saja, tetapi lipatan tersebut terdiri dari beberapa lembar kertas sehingga apabila digabungkan menyerupai buku tanpa jilid. Booklet banyak digunakan sebagai promosi dan informasi tentang sebuah perusahaan tentang company profile.

3. Poster
Poster secara harfiah berarti surat tempelan. Dengan demikian, brosur yang disebut poster adalah yang ditempelkan di suatu tempat yang dinilai strategis dan mudah dilihat oleh khalayak. Poster biasanya menyajikan informasi singkat karena ruang yang tersedia relatif terbatas. Dengan demikian, poster dapat dikatakan sebagai jenis brosur yang berfungsi untuk memancing perhatian publik yang tujuannya untuk menarik rasa penasarannya.

4. Folder
Pada dasarnya, folder dapat dikatakan sebagai gabungan dari brosur, leaflet, dan booklet. Bentyknya sendiri mirip dengan map, di mana pada bagian dalamnya terdapat kantong untuk menyimpan berbagai berkas atau lembaran.

Contoh Brosur Berbagai Tema

Ada berbagai contoh brosur yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Brosur Tour Travel

Perusahaan Tour Travel biasanya menggunakan brosur untuk mempromosikan jasa yang mereka tawarkan. Brosur ini berisi informasi tentang tempat wisata, seperti lokasi, fasilitas, harga tiket, dan aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata tersebut.

Dalam contoh di atas, terdapat informasi mengenai perjalanan yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebut. Mereka juga mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi untuk memudahkan calon konsumen yang tertarik.

2. Brosur Perusahaan

Contoh brosur yang selanjutnya adalah brosur perusahaan. Brosur perusahaan adalah sebuah media promosi atau informasi yang berbentuk lembaran kertas yang berisi informasi tentang perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, visi dan misi perusahaan, serta profil perusahaan.

Brosur perusahaan biasanya digunakan sebagai alat promosi untuk memperkenalkan perusahaan kepada calon pelanggan atau investor. Brosur perusahaan dapat dibagikan secara langsung kepada calon pelanggan atau investor, dipajang di tempat yang strategis seperti kantor, toko, atau pusat perbelanjaan, atau dibagikan melalui surat atau email sebagai bagian dari kampanye pemasaran.

3. Brosur Sekolah

Brosur sekolah atau brosur merupakan sebuah media promosi atau informasi yang berbentuk lembaran kertas yang berisi informasi tentang sekolah, program pendidikan, fasilitas, dan kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan. Brosur jenis ini biasanya akan kita dapatkan ketika tahun ajaran baru akan dimulai.

Brosur sekolah sering digunakan sebagai alat promosi untuk memperkenalkan sekolah kepada calon siswa dan orang tua siswa. Brosur sekolah biasanya mencantumkan informasi tentang sejarah sekolah, visi dan misi sekolah, program pendidikan, kurikulum, biaya, fasilitas, dan kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah tersebut.

4. Brosur Promosi

Contoh di atas merupakan sebuah brosur promosi yang sering digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Sesuai dengan namanya, brosur ini digunakan untuk mempromosikan sesuatu untuk menarik perhatian seseorang yang melihat isi brosur itu.

5. Brosur Makanan

Brosur makanan biasanya dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau bisnis yang yang menjadikan makanan sebagai produk mereka, seperti restoran, cafe, dan lain sebagainya. Brosur makanan tentunya digunakan untuk mempromosikan makanan yang ditawarkan kepada calon konsumen.

Brosur makanan biasanya mencantumkan informasi tentang jenis makanan atau minuman yang tersedia, harga, bahan-bahan yang digunakan, dan gambar yang menarik untuk menarik perhatian pembaca. Brosur makanan dapat dibagikan secara langsung kepada calon pelanggan, dipajang di tempat-tempat strategis seperti toko, kantor, atau pusat perbelanjaan.

6. Brosur Simple

Brosur simple adalah brosur yang dirancang dengan tampilan yang sederhana dan minimalis, dengan fokus pada informasi yang ingin disampaikan. Brosur simple biasanya menggunakan warna-warna netral dan font yang mudah dibaca, serta tidak terlalu banyak menggunakan gambar atau grafis yang rumit.

Desain yang simpel biasanya lebih disukai oleh para pembaca. Desain brosur yang sederhana cenderung lebih mudah dipahami oleh pembaca sehingga pesan yang dimaksud dapat tersampaikan dengan baik.

Nah, itulah dia pembahasan lengkap mengenai berbagai contoh brosur yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Bagi kamu yang ingin membuat suatu brosur, buatlah brosur yang menarik agar bisa menarik perhatian seseorang yang melihat brosur tersebut.

 

sumber: https://www.detik.com/bali/berita/d-6599625/mengenal-jenis-brosur-dan-contoh-brosur-berbagai-tema